Bangun
kepercayaan dan Hancurkan Ketakutan
Teman-teman
bermaksud baik ketika mereka mengatakan ,”itu Cuma imajinasimu,jangan
khawatir,tidak ada yang perlu ditakutkan”
Akan
tetapi,anda dan saya tahu bahwa jenis hiburan ini tidak pernah benar-benar berhasil.komentar
penghibur seperti ini mungkin member kita kelegaan dari ketakutan akut selama
beberapa menit atau mungkin beberapa jam,tetapi bukan kesembuhan permanen dari
ketakutan,dan hal ini tidakpernah membangun kepercayaan.
Kita
harus menghadapinya. Ketakutan itu nyata. Dan oleh karena itu,kita harus
mengenalinya sebelum dapat menaklukkannya.
Kebanyakan
ketakutan sekarang ini bersifat psikologis.Kekhawatiran ,ketegangan,rasa malu
,panik- semua ini berakar dari imajinasi negative yang salah penanganan. Akan
tetapi,sekadar mengetahui tempat pembiakan ketakutan tidak menyembuhkan
ketakutan. Jika dokter menemukan bahwa anda mengidap infeksi disuatu bagian
tubuh anda,ia tidak berhenti disini. Ia melanjutkan dengan pengobatan untk
menyembuhkan infeksi tersebut.
Pengobatan kuno untuk “itu Cuma
dalam pikiranmu” mengansumsikan bahwa ketakutan itu tidak ada. Tetapi
kenyataannya ketakutan itu ada.Ketakutan itu benar-benar riil. Ketakutan menghentikan orang memanfaatkan peluang; ketakutan
meletihkan vitalitas fisik; ketakutan benar-benar membuat orang
sakit,menyebabkan gangguan organic,memendekkan umur; ketakutan menutup mulut
anda ketika anda sebenarnya ingin berbicara.
Ketakutan –ketidakpastian , tidak
adanya kepercayaan –menjelaskan mengapa kita tetap menderita resesi ekonomi.
Ketakutan menjelaskan mengapa jutaan orang hanya mencapai sedikit dan menikmati
sedikit.
Sesungguhnya ketakutan adalah
kekuatan yang ampuh.Dengan satu atau lain cara ,ketakutan menghambat orang
mendapatkan apa yang mereka inginkan dari hidup ini.
Ketakutan dari segala jenis dan
ukuran adalah bentuk infeksi psikologis. Namun,kita dapat menyembuhkan infeksi
mental dengan cara yang sama kita menyembuhkan infeksi tubuh – dengan
pengobatan spesifik yang sudah terbukti manjur.
Pertama,sebagai
bagian dari persiapan bagian pengobatan, anda harus membiasakan diri anda
dengan kenyataan ini: semua kepercayaan dipelajari dan dikembangkan. Tak
seorang pun dilahirkan dengan kepercayaan diri, yang tampaknya telah
menaklukkan kekhawatiran,yang tenang dimana saja,dan sepanjang waktu,memperoleh
kepercayaan diri mereka dengan melatih diri mereka.
Anda
pun dapat melakukan ini.
Selama perang dunia II,Angkatan laut
memastikan bahwa para prajuritnya yang baru dapat berenang ,atau dapat belajar
berenang. Prajurit yang tidak dapat berenang dimasukkan kedalam kelas-kelas
renang . Saya menyaksikan beberapa pengalaman pelatihan itu. Mengasyikkan sekali menyaksikan pemuda-pemuda yang sehat
takut melihat air yang tidak terlalu dalam. Salah satu latihan mengharus kan mereka
melompat dari papan setinggi 1,8 meter ke dalam air sedalam 2,4 meter,sementara
setengah lusin jago renang berdiri
mengawasi.
Pemandangan ini juga mengganggu.
Ketakutan yang diperlihatkan orang-orang muda ini riil. Namun,yang ada diantara mereka dan takluknya rasa takut
adalah lompatan kedalam air dibawah. Lebih dari sekali saya melihat beberapa
dari mereka “secara tidak sengaja” terdorong jatuh dari atas papan.Hasilnya –
ketakutan pun dikalahkan.
Insiden ini,yang akrab dengan ribuan
mantan orang angkatan Laut,mengilustrasikan satu hal – tindakan mengalahkan
ketakutan. Sebaliknya,kebimbangan dan penundaan memupuk rasa takut.
Catat kebenaran itu di dalm buku
keberhasilan anda – TINDAKAN MENGALAHKAN KETAKUTAN.
Tindakan memang mengalahkan ketakutan.
Beberapa bulan yang lalu seorang usahawan yang sangat cemas dalam usianya yang
empat puluhan dating menemui saya, ia memegang jabatan yang menuntut tanggung
jawab sebagai pembeli untuk sebuah perusahaan pengecer yang besar.
Dengan gugup, ia menjelaskan, “Saya
takut kehilangan pekerjaan saya. Saya punya perasaan bahwa hari-hari saya akan
berakhir diperusahaan ini”.
“mengapa
begitu?” saya bertanya.
“ya,
Karena angka penjualan didepartemen saya lebih rendah dibandingkan tahun lalu.
Ini buruk sekali mengingat total penjualan took naik 6 persen . Selama ini ada
beberapa kritik bahwa kerja saya
menurun.saya merasakan hal ini,saya yakin.Anggota staf senior lain sadar bahwa
saya tidak sebaik dahulu.” Dan ia pun melanjutkan.
Akhirnya,saya memotong dan bertanya,
“apa yang akan anda lakukan mengenai hal ini? Apa yang akan anda coba lakukan
untuk memperbaiki situasi nya?”
“Ah,”desahnya
, “tidak banyak yang dapat saya lakukan ,saya ,kira, kecuali mengharapkan yang
terbaik.”
Terhadap
komentar ini say bertanya: “secara jujur sekarang, apakah harapan saja cukup?”
tanpa memberinya kesempatan untuk menjawab , saya mengajukan satu pertanyaan
lain. “mengapa tidak mengambil tindakan untuk menunjang harapan anda?”
“Lanjutkan,” pintanya.
“Nah,ada dua jenis tindakan yang
tampaknya cocok dengan kasus anda. Pertama, mulai siang ini harus
mengahadapinya. Ada alas an mengapa penjualan anda menurun. Cari tahu. Mungkin
anda memerlukan penjualan khusus untuk mengobral barang anda yang lambat
bergerak, sehingga anda dapat membeli beberapa stok baru. Barangkali anda dapat
mengatur ulang lemari peraga anda. Mungin wiraniaga anda perlu lebih antusias.
Saya tidak dapat meramalkan apa yang akan menaikkan penjualan anda,tetapi salah
satunya pasti akan berhasil.
Dan
mungkin bijaksana jika anda berbicara secara pribadi dengan manajer bawahan
anda.Minta nasihatnya . Ia mungkin mempunyai beberapa gagasan bagus yang sudah
lama ingin ia terapkan.Dan sejauh berkenaan dengan kehinlangan pekerjaan ,ingat
lah terlalu mahal bagi toko untuk mengganti anda selama para direktur merasa
ada peluang perbaikan dari anda.
Saya melanjutkan “Kemudian minta
asisten pembelian anda bergerak.Biarkan orang disekeliling anda mengetahui
bahwa anda masih hidup”
Keberanian muncul kembali dimata nya
.Kemudian ia bertanya , “Anda katakana ada dua jenis tindakan yang harus saya
ambil.Apa yang kedua?”
“Jenis tindakan yang kedua,yang
dapat anda katakana sebaagai polis asuransi,adalah membiarkan dua atau tiga teman bisnis anda yang terdekat
didalam bidang tersebut mengetahui bahwa anda mungkin mempertimbangkan tawaran
dari toko lain, dengan asumsi tentu saja pekerjaan itu jauh lebih baik
dibandingkan pekerjaan yang sekarang.
“Saya sedikitpun tidak percaya bahwa
pekerjaan anda tidak akan terjamin sesudah anda mengambil beberapa tindakan
positif untuk membuat angka penjualan itu naik. Tetapi ,utntuk
berjaga-jaga adalah lebih baik jika anda
mendapat satu atau dua tawaran. Ingat ,sepuluh kali lebih mudah bagi seseorang
yang mempunyai pekerjaan untuk mendapatkan pekerjaan lain dibandingkan orang
yang menganggur untuk mendapatkan pekerjaan.”
Dua hari yang lalu ,orang yang
pernah mengalami kesulitan ini mengunjungi saya.
“Sesudah pembicaraan kita waktu itu,
Saya bekerja keras. Saya membuat beberapa perubahan, tetapi perubahan dasarnya
adalah dengan para wiraniaga saya sendiri. Saya biasanya mengadakan rapat
penjualan sekali seminggu, Tetapi sekarang saya mengadakannya setiap pagi. Saya
membuat orang-orang itu benar-benar antusias.Segera sesudah meerka melihat kehidupan
didalam diri saya, mereka bersedia bekerja lebih keras pula. Mereka Cuma
menunggu saya untuk memulai segalanya untuk memulai segalanya bergerak
kembali.Segalanya berjalan baik. Minggu lalu,penjualan saya jauh diatas tahun
lalu, dan jauh lebih baik dibandingkan rata-rata penjualan toko.
“Oh,omong-omong,” ia melanjutkan, “saya ingin member tahu anda beberapa berita
baik lain. Saya mendapatkan dua tawaran pekerjaan sejak kita bertemu waktu itu.
Dengan sendirinya saya merasa senang ,tetapi saya menolak keduanya karena
segalanya tampak baik kembali disini.”
Sewaktu menghadapi masalah
sulit,kita tinggal didalam lumpur hingga kita mengambil tindakan.Harapan adalah
suatu awal.Akan tetapi ,harapan memerlukan tindakan untuk mendapatkan
kemenangan.
Terapkan prinsip tindakan tersebut.
Kali berikutnya anda mengalami ketakutan besar atau ketakutan kecil,mantapkan
diri anda . Lalu,cari jawaban untuk kepercayaan ini: Tindakan macam apa yang
dapat saya ambil
untuk menaklukkan ketakutan saya?
Kurung rasa takut Anda. Lalu,ambil
tindakan yang tepat. Dibawah ini adalah beberapa dari contoh ketakutan, dan
beberapa tindakan yang mungkin dilakukan untuk mengoobati nya.
Gunakan prosedur dua langkah ini
untuk menyembuhkan ketakutan dan mendapatkan kepercayaan:
1.Kurung
ketakutan Anda, Kunci rapat-rapat tentukan secara persis apa yang anda
takutkan.
Jenis ketakutan
|
Tindakann
|
1.Rasa malu
karena penampilan pribadi
|
Perbaiki
penampilan anda.
Pergilah ketukang
jahit yang bagus ,pakaian anda harus bersih dan disetrika.
Rapikan rambut
anda ,
Tidak selalu
perlu pakaian mahal untuk memperbaiki penampilan anda.
|
2.Takut
kehilangan pelanggan yang penting
|
Bekerja dua kali
lebih keras untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.
Perbaiki
segalanya yang mungkin menyebabkan pelanggan kehilangan kepercayaan kepada
anda.
|
3.Tkut gagal
dalam ujian
|
Ubah kekhawatiran
menjadi waktu belajar.
|
4.Takut segalanya
menjadi diluar kendali anda sepenuhnya.
|
Alihkan perhtian
pada sesuatu yang sama sekali berbeda. Pergilah kekebun dan cabuti rumput.
Bermainlah dengan anak-anak anda. Pergilah ke bioskop, atau acara lainnya
yang dapat menghibur diri anda.
|
5.Takut teluka
secara fisik oleh sesuatu yang tidak dapat anda kendalikan,seperti tornado,
atau pesawat terbang yang lepas kendali.
|
Ubah perhatian
anda untuk membantu meredakan
ketakutan y6ang dialami orang lain.
Berdoalah.
|
6.Takut akan apa
yang mungkin orng lain piker atau katakana.
|
Perhatikan bahwa
apa yang anda rencanakan untuk lakukan sudah benar. Lalu kerjakan.
Tak seorangpun
pernah mengerjakan apa saja yang berharga tanpa mendapatkan kritik.
|
7.Takut membuat
invetasi atau membeli rumah
|
Analisis semua
factor.kemudian ambil keputusan dan bertahanlah dengan keputusan itu.
Percayai penilaian anda sendiri.
|
8.Takut kepada
orang banyak
|
Tempatkan mereka
pada perspektif yang semestinya. Ingat, orang lain juga manusia biasa yang
mirip sekali dengan anda.
|
2.Lalu
ambillah tindakan. Ada semacam tindakan untuk ketakutan macam apa pun.
Dan ingat, keraguan hanya
memperbesar ketakutan. Mabil tindakan segera. Bersikaplah tegas.
Kebanyakan tidak adanya kepercayaan
diri dapat dirunut langsung hingga ingatan yang ditangani secara keliru.
Otak anda mirip sekali dengan bank.
Setiap hari anda memasukkan deposoti pikiran didalam “bank pikiran” anda.
Ketika anda mulain berpikir, atau ketika anda menghadapi masalah, sebenarnya
anda mengatakan kepada bank ingatan anda. “Apa yang sudah saya ketahui mengenai
hal ini?”
Bank
ingatan anda otomatis akan menjawab dan menyuplai anda denagn potongan
informasi,yang berkaitan dengan situasi ini,yang anda dipositokan sebelumnya.
Jadi, ingatan anda adalah menyuplai dasar dan bahan mentah untuk pikiran anda
yang baru.
Kasir didalam bank ingatan anda
sangat dapat diandalkan. Jika anda mendekatinya dan berkata, “Pak kasir,saya
mengambil beberapa pikiran saya yang saya depositokan pada masa lalu yang
membuktikan bahwa saya inferior dihadapan hamper semua orang lain,” ia akan
menjawab, “Tentu, tuan. Ingat bagaimana
anda gagal dua kali pada kesempatan sebelumnya ketika anda mencoba hal ini ?
Ingat apa yang kepala sekolah katakan mengenai ketidak mampuan anda
menyelesaikan sesuatu. Ingat apa yang pernah kebetulan anda dengar dari
beberapa rekan sekerja yang mengatakan … ingat….”
Dan terus menerus kasir tersebut
melanjutkan menggali kedalam otak anda pikiran demi pikiran yang membuktikan
bahwa anda memang tidak memadai.
Namun, seandainya anda mengunjungi
kasir ingatan anda dengan permintaan: “Pak kasir,saya menghadapi keputusan yang
sulit. Dan dapatkan anda memberikan pikiran apa pun yang akan menenteramkan
saya?”
Dan kembali kasir tersebut akan
berkata, “Tentu tuan”,tetapi kali ini ia menyampaikan pikiranpikiran yang anda
depositokan sebelumnya, yang mengatakan anda dapat berhasil. “Ingat pekerjaan
hebat yang anda lakukan pada situasi serupa sebelum…..Ingat betapa besar
kepercayaan yang diberikan Tuan smith kepada anda…..Ingat apa yang dikatakan
teman-teman baik anda tentang diri anda….ingat….”
Kasir tersebut sangat responsive,membiarkan
anda menarik deposito pikiran yang ingin anda tarik. Bagaimanapun ini adalah bank milik anda.
Berikut ini ada dua hal spesifik
yang harus dilakukan untuk membangun kepercayaan melalui manajemen yang efisien
atas bank ingatan anda.
1.depositokan hanya pikiran positif dalam bank ingatan anda.Mari
kita hadapi dengan berani.
Semua orang menghadapi banyak
situasi yang tidak menyenangkan,memalukan,dan mengecilkan hati.Namun,orang yang
sukses dan tidak sukses menghadapi situasi ini dengan cara yang langsung
berlawanan.Orang yang tidak sukses boleh dikatakan memasukkannya dalam
hati.Mereka memikirkan terus situasi yang tidak menyenangkan sehingga
memberikan mereka awal yang baik di dalam ingatan.Mereka tidak menjauhkan
pikiran mereka dari situasi tersebut.Pada malam hari ,situasi yang tidak
menyenangkan adalah hal terakhir yang mereka pikirkan.
Sebaliknya ,orang yang sukses percaya diri “tidak
memikirkan situasi buruk itu lagi”. Orang sukses berspesialisasi dalam
memasukkan pikiran positif kedalam bankn ingatan mereka.
Apa yang terjadi dengan ban mobil anda jika setiap hari
sebelum anda berangkat kerja nda meraup 2 genggam lumpur dan memasukkannya
kedalam rumah mesin.mesin yang bagus itu segera akan berantakan,tidak mampu
mengerjakan apa yang anda ingin agar dikerjakannya. Pikiran positif yang tidak
menyenangkan yang didepositokan kedalam pikiran anda mempengaruhi pikiran
andadengan cara yang sama.Pikiran negatif mengakibatkan kerusakan pada motor
mental anda. Pikiran negatif menimbulkan kekhawatiran,frustasi dan perasaan
inferior. Pikiran negatif menempatkan anda dipinggir jalan sementara orang lain
meluncur maju.
Kerjakan ini: pada saat-saat anda sendirian dengan
pikiran anda – ketika anda sedang mengemudikan mobil atau makan sendirian –
Ingat pengalaman yang menyenangkan dan posotif. Masukkan pikiran-pikiran yang
baik kedalam pikiran anda.Ini mendorong kepercayaan diri . Ini memberi anda
perasaan “saya merasa enak”. Ini
membantu tubuh anda tetap berfungsi dengan sehat.
Berikut ini adalh rencana yang bagus sekali .Tepat
sebelum anda tidur depositiokan pikiran-pikiran baik kedalam bank ingatan anda.
Hitung berkat yang anda terima. Ingat hal-hal baik yang harus anda syukuri;
untuk istri,anak,teman,dan esehatan anda.Ingat hal-hal baik yang anda lihat
dilakukan orang hari ini.ingat kemenangan dan prestasi kecil anda. Periksa
kembali alasan kenapa anda senang akan hidup ini.
2. Tarik hanya pikiran yang positif dari bank ingatan anda.
Beberapa tahun lalu ,saya berhubungan erat dengan sebuah
perusahaan konsultan psikologis. Mereka menangani banyak jenis kasus,tetapi
kebanyakan masalh perkawinan dan situasi penyesuaian psikologis ,semua
berhubungan dengan pikiran pikiran.
Suatu siang sementara saya
sedang berbicaradengan kepala perusahaan tersebut mengenai profesinya dan
teknik-tekniknya untuk membantu orang yang mengalami gangguan serius dalam hal
menyesuaikan diri, ia memberikan komentar ini: “Anda tahu,sebenarnya pelayanan
saya tidak diperlukan sseandainya orang mau melakukan satu hal.”
“Apa itu?” saya bertanya ingin tahu.
“Cukup ini: hancurkan pikiran negatif sebelumpikiran
tersebut menjadi monster mental.
“Kebanyakan induvidu yang sayacoba tolong ,”
Ia melanjutkan, “mengoperasikan
meseum horor”mental milik mereka sendiri.Banyak kesulitan perkawinan ,misalnya
,melibatkan ‘monster bulan madu’ .Bulan madu tersebut kurang memuaskan seperti
yang diharapkan oleh salah satu atau kedua pasangan,tetapi memendam ingatan itu
,mereka merenungkan nya ratusan kali hingga menjadi penghalang raksasa bagi
hubungan perkawinan yang berhasil. Mereka datang kepada saya lima atau sepuluh
tahun kemudian.
“Biasanya tentu saja klient saya tidak melihat dimana
kesulitannya terletak. Tugas sayalah untuk meyingkap dan menjelaskan sumber
kesulitan mereka untuk mereka,dan membantu mereka melihat bahwa kesulitan itu
sebenarnya sepele.
“Orang dapat membuat monster mental dari hampir setiap
kejadian yang tidak menyenangkan,”teman saya yang spikolog itu melanjutkan
“Kegagalan pekerjaan,cinta yang putus,investasi yang buruk,kekecawaan akan
perilaku anak remaja – ini adalah monster yang lazim. Dan saya membantu
orang-orang yang mengalami kesulitan menghancurkan monster-monster tadi.”
Jelas bahwa setiap pikiran negatif ,jika dipupuk dengan
ingatan berulang,dapat berkembang manjadi monster pikiran yang nyata,yang
menghancurkan kepercayaan dan melicinkan jalan bagi kesulitan psikologis yang
serius.
Didalam sebuah artikel terbaru didalam Cosmopolitan Magazine, “The Drive Toward
Self-Destruction”(Dorongan kearah penghancuran diri), Alice mulcahey menunjukan
bahwa lebih dari 30.000 orang amerika melakukan bunuh diri setip tahunnya,dan
100.000 lagi berusaha mencabut nyawa mereka. Ia melanjutkan, “Ada bukti yang
mengejutkan bahwa jutaan orang lain membunuh
diri mereka sendiri dengan yang lebih lambat dan kurang kentara. Yang lain lagi melakukan
bunuh diri spiritual dan bukan fisik,dengan terus menerus mencari jalan untuk
menghina,menghukum dan umumnya merendahkan diri sendiri.”
Teman yang psikolog mengatakan kepada saya bagaimana ia
menolong salah seorang dari pasien nya untk berrhenti melakukan “bunuh diri
mental dan spiritual”. “Pasien wanita ini,”ia menjelaskan, “berusia menjelang
hampir 30-an,dan mempunyai 2 anak. Dalam terminologi awam,ia menderita depresi
hebat.Ia mengingat semua insiden kehidupannya sebagai pengalaman yang todak
menyenangkan. Hari-hari sekolahnya,perkawinannya,pengasuhan anak-anaknya,tempat
ia tinggal – semua dipikirkan secara negatif. Ia dengan sukarela mngatakan
bahwa ia tidak dapat mengingat pernah benar-benar merasa bahagia. Dan karena
apa yang orang ingat dari masa lalu mewarnai apa yang ia lihat pada masa
sekarang, ia tidak melihat apapun selain pesimisme dan kegelapan.
“Ketika saya bertanya kepadanya apa yang ia lihat didalam
sebuah gambar yang saya perlihatkan kepadanya,ia berkata, “Tampaknya akan ada
badai hebat nanti malam. “Itu adalah penafsiran termuram yang pernah saya dapat
mengenai gambar tersebut.” (Gambarnya adalah sebuah lukisan minyak yang
berukuran besar yang menggambarkan matahari yang menggantung rendah di langit
dan garis pantai berbatu karang dan bergerigi.Lukisan tersebut dikerjakan
secara cerdik dan dapat dipandang sebagai matahari terbit atau matahari
terbenam. Psokolog tersebut berkomentar kepada saya apa yang orang lihat di
dalam gambar adalah petunjuk tentang kepribadiannya. Kebanyakan orang
mengatakan bar itu menunjukan matahari yang sedang terbit.Akan tetapi,orang
yang depresi dan mengalami gangguan mental tersebut nyaris selalu mengatakan
itu matahari terbenam.)
“Sebagai psikolog ,saya tidak dapat mengubah apa yang
sudah ada di dalam ingatan seseorang.Akan tetapi,saya dapat,dengan kerja sama
si pasien,membantu individu bersangkutan melihat masa lalu nya dengan sudut
pandang yang berbeda.Itu adalah pengobatan umum yang saya gunakan pada wanita
ini.Saya bekerja bersamanya intuk membantunya melihat keriangan dan
kesenangandalam masa laluny a dan bukan kekecewaan total.
“Sesudah enam bulan,wanita ini mulai memperlihatkann
perbaikan.Pada saat itu saya memberunya sebuah tugas khusus.Tiap hari saya
memintanya memikirkan dan menuliskan tiga alasan spesifik mengapa ia harus
bahagia. Kemudian,pada tugas yang berikutnya bersama saya setiap hari kamis
saya akan memeriksa daftar tersebut bersamanya .Saya meneruskan jenis
pengobatan ini selama tiga bulan. Perbaikan yang dialami wanita ini dapat
menyesuaikan diri secara sangat baik dengan situasinya. Ia bersikap positif dan
tentu saja sama bahagianya dengan kebanyakan orang.”
Ketika wanita ini berhenti menarik pikiran-pikiran
negatif dari bank ingatannya ,ia menuju kesembuhan.
Besar atau kecil masalah psikologis yang
dialami,penyembuhan datang ketika orang belajar berhenti menarik pikiran
negatif dari bank ingatannya dan sebagai gantinya menarik pikiran yang positif.
Jangan membangun monster mental.Jangan menarik pikiran
yang tidak menyenangkan dari bank ingatan anda.Ketika anda mengingat situasi
apapun,berkonsentrasi lah pada sisi baik dari pengalaman tersebut;lupakan yang
buruk.Kuburkan saja sisi buruknya.jika Anda mendapat diri anda berpikir tentang
sisi yang negatif,hentikan berpikir sama sekali.
Dan berikutnya ini adalah sesuatu yang sangat penting dan
sangat membesarkan hati.Pikiran anda ingin agar anda melupakan hal-hal yang
tidak menyenangkan. Seandainya anda benar-benar mau bekerja sama,ingatan yang
tidak menyenangkan secara bertahap akan layu dan kasir di dalam bank ingatan
anda akan menghapusnya.
Dr.Melvin S.Hattwick, psikolog periklanan,dalam
mengomentari kemampuan kita untuk mengingat, mengatakan “Jika perasaan yang
timbul menyenangkan,iklan mempunyai peluang lebuh baik untuk diingat. Jika
perasaan yang ditimbulkan tidak menyenangkan ,pembaca atau pendengar cenderung
melupakan pesan iklannya.Hal yang tidak manyenangkan bertentangan dengan apa
yang kita inginkan,kita tidak ingin mengingatnya.
Singkatnya sebenarnya mudah untuk melupakan hal-hal yang
tidak menyenangkan jika kita benar-benar menolak untuk mengingatnya.Tarik hanya
pikiran yang positif dari bank ingatan anda.Biarkan pikiran yang lain memudar ,
Dan kepercayaan anda,perasaan barada dipuncak dunia,meluncur keatas. Anda
mengambil langkah besar kedepan menuju penaklukan ketakutan ketika anda menolak
mengingat pikiran negatif yang mencela diri.
Mengapa orang takut akan orang lain? Mengapa banyak orang
merasa sadar diri jika berada diantara orang lain?Apa yang terletak dibalik
rasa malu?Apa yang dapat kita lakukan terhadap perasaan ini?
Ketakutan akan orang lain adalah ketakutan besaar.Akan
tetapi ada cara untuk menaklukannya . Anda dapat menaklukkan ketakutan akan
orang lain jika anda mau belajar menempatkan meerka pada perspektif yang benar.
Seorang teman bisnis yang sangat berhasil dalam
mengoperasikan pabriknya,menjelaskan kapada saya bagaimana ia mendapatkan
perspektif yang benar mengenai orang. Contoh yang ia berikan menarik sekali.
“Sebelum masuk tentara dalam perang dunia II,saya
takut-takut hampir kepada semua orang. Anda tidak akan percaya betapa pemalu
dan cemasnya saya waktu itu. Saya merasa semua orang jauh lebih cerdik dari
pada saya,saya khawatir mengenai fisik dan mental saya yang tidak memadai .
Saya kira saya lahir untuk gagal.
“Kemudian,suatu kebetulan yang menguntungkan membuat saya
kehilangan rasa takut saya akan orang selama saya berdinas di AD.selama
sebagian dari tahun 1942 dan 1943,ketika AD melantik anggota secepat
mungkin,saya ditempatkan sebagai perawat medis disebuah kamp besar.Hari demi
hari saya membantu memeriksa orang-orang itu. Semakin banyak saya melihat para
prajurit baru itu,semakin kurang rasa takut saya kepada orang.
“Semua orang yang dibariskan telanjang bulat itu tampak
sangat serupa.Memang ada yang gemuk dan
kurus,jangkung dan pendek tetapi mereka semua sama-sama bingung,sama-sama
kesepian.Padahal beberapa hari sebelumnya sebagian dari mereka adalah eksekutif
muda yang sedang menanjak.Sebagian adlah petani,sebagian
wiraniaga,gelandangan,pekerja kasar.Beberapa hari sebelumnya mereka adalah
orang dengan bermacam jabatan.Namun,didepot pelantikan mereka semua sama.
“Saya
memikirkan sesuatu yang mendasar saat itu.sayay tahu bahwa orang pada dasarnya mempunyai
lebih banyak persamaan dari pada perbedaan.Saya mengetahui bahwa orang lain
mirip sekali dengan saya.Ia menyukai makanan enak,ia merindukan keluarga dan
teman,ia ingin maju,dan ia mempunyai masalah. Ia juga rileks.Jadi,jika orang
lain pada dasarnya sama dengan saya, saya tidak perlu takut kepadanya.”
Ada dua jalan untuk menempatkan
orang didalam perspektif yang benar:
1.Memiliki pandangan yang seimbang mengenai
orang lain.
Ingat dua hal ini sewaktu menghadapi
orang:pertama,orang lain itu penting. Semua manusia penting.Akan tetapi ingat
ini pula.Anda juga penting.Jadi,sewaktu
berhadapan dengan orang lain,biasakanlah berpikir,”Kita adalah dua orang
penting yang duduk bersama untuk membicarakan sesuatu demi kepentingan dan
keuntungan bersama.”
Beberapa bulan yang lalu,seorang
usahawan menelepon saya untuk mengatakan kepada saya bahwa ia baru saja
mengangkat seorang anak muda yang saya rekomendasikan kepadanya belum lama ini.
“Anda tahu apa yang membuat saya menerima orang ini?”tanya kawan saya.”Apa?”saya
bertanya.”Caranya bersikap. Kebanyakan pelamar masuk ke kantor saya dengan
setengah ketakutan. Mereka memberi saya dengan setengah ketakutan.Mereka
memberi saya semua jawaban yang mereka pikir ingin saya dengar.Sedikit banyak
mereka mereka bersikap seperti pendengar.Sedikit banyak mereka bersikap seperti
pengemis – mereka akan menerima apa saja.
“Akan tetapi
orang yang anda rekomendasikan ini bersikap lain. Ia menghormati saya,tetapi
yang sama pentingnya,ia menghormati dirinya sendiri. Ia juga mengajukan
pertanyaan sebanyak yang saya ajukan kepadanya. Ia tidak seperti kelinci yang
ketakutan. Ia benar-benar manusia,dan ia akan bekerja dengan baik.”
Sikap saling
menganggap diri penting ini membantu membuat situasi seimbang.Orang lain itu
tidak menjadi terlalu penting dibandingkan dengan diri anda dalam pikiran anda.
Orang lain itu mungkin tampak sangat besar,sangat
penting. Akan tetapi,ia tetapi manusia biasa yang pada dasarnya mempunyai
minat,keinginan,dan masalah yang sama dengan kita.
2.Kembangkan sikap penuh pengertian.
Memang tidak sedikit orang yang seolah mau menerkam
anda,menggertak anda,menjadikan anda sasaran dan menakut-nakuti anda.jika anda
tidakn siap menghadapi orang-orang seperti ini,meraka dapat merusak kepercayaan
diri anda dan membuat anda takluk sepenuhnya.Anda memerlukan pertahanan untuk
menghadapi orang-orang seperti ini.
Saat itu pukul 07.00 lebih sedikit,dan hotel sibuk
mendaftar tamu-tamu baru.Orang didepan saya memberikan namanya kepada pegawai
dibelakang meja dengan nada memerintah.Pegawai tersebut berkata,”Ya,tuan,kami
sediakan satu kamar single untuk
anda.”
“Single,”
bentak orang itu. “Saya memesan Double.”
Pegawai
tersebut berkata dengan sopan,”Coba saya periksa sebentar.”Ia menarik
permintaan pasanan tamu dari arsip dan berkata,”Maaf,tuan,Telegram anda
menyebutkan single.saya akan senang
sekali menempatkan anda dikamar double,kalau memang ada.Tetapi semua kamar
double sudah penuh.”
Tamu yang berang itu berkata,”Say tidak peduli apa bunyi
kertas itu,saya mau kamar double.”
Kemudian ia mulai bersikap “anda-tahu-siapa-saya.”diikuti
dengan “Saya akan usahakan agar anda dipecat.Anda lihat nanti.saya akan buat
anda dipecat.”
Dibawah serangan gencar,pegawai muda tersebut menyela,
“Tuan,kami menyesal sekali,tetapi kami bertindak berdasarkan instruksi anda.”
Akhirnya sang tamu yang benar-benar marah itu berkata,
“Saya tidak akan mau tinggal dikamar yang terbagus dihotel ini sekarang –
manajemennya benar-benar buruk,” dan ia pun keluar.
Saya menghampiri meja penerimaan sambil berpikir
sipegawai pasti marah setelah baru saja dimarahi habis-habisan.Sebaliknya ,ia
menyambutnya saya dengan salam yang ramah sekali “Selamat malam,Tuan.” Ketika
ia mengerjakan rutin yang biasa dalam mengatur kamar untuk saya,saya berkata
kepadanya, “Saya mengagumi cara anda mengendalikann diri tadi.Anda benar-benar
sabar.”
“Ya,Tuan ,” katanya, “Saya tidak dapat marah kepada orang
seperti itu. Anda lihat,ia sebenarnya bukan marah dengan saya.saya Cuma korban
pelampiasan kemarahannya .Orang yang malang tadi mungkin baru saja ribut dengan
istrinya,atau bisnis nya mungkin sedang lesu,atau barang kali ia merasa rendah
diri, dan ini adalah peluang emasnya untuk melampiaskan kekesalannya.”
Pegawai tadi menambahkan, “Pada dasarnya ia mungkin orang
yang sangat baik.Kebanyakan orang begitu.”
Sambil melangkah manuju lift,saya mengulang ulang
perkataannya, “Pada dasarnya ia mungkin orang yang sangat baik.kebanyakan orang
begitu,”
Ingat dua kalimat itu kalau ada orang yang menyatakan
perang pada and. Jangan membalas.Cara untuk menang dalam situasi seperti ini
adalah dengan membiarkan orang tersebut melepaskan amarahnya,dan kemudian
lupakan saja.
Beberapa tahun yang lalu,sewaktu memeriksa hasil ujian
mahasiswa,saya menemukan satu yang sangat mengganggu saya. Mahasiswa tersebut
memperlihatkan dalam diskusi dikelas dan tes sebelumnya bahwa ia jauh lebih
cakap dibandingkan yang ia perlihatkan diatas kertas ujian nya.Ia sebenarnya
adalah orang yang saya kira akanlulus dengan nilai tertinggi.Ternyata hasil
ujian menempatkan dirinya ditempat terbawah. Sebagaimana kebiasaan saya dalam
kasus seperti ini,saya meminta sekretaris saya untuk menghubungi mahasiswa
tersebut dan memintany a datang kekantor karena ada urusan yang mendesak.
Tidak lama kemudian Paul pun muncul. Ia tampak baru saja mengalami pengalamanyang
mengerikan. Sesudah ia duduk,saya berkata kepadanya, “Ada apa,Paul?hasil ujian
anda tidak seperti yang saya harapkan.”
Paul mengalami perjuangan batin,menunduk,dan menjawab:
“Pak,sesudah saya mengira bapak mengetahui saya menyontek,saya benar-benar
kalut. Saya sama sekali tidak dapat berkonsentrasi.Terus terang ini pertama
kali saya menyontek di universitas,saya ingin sekali berhasil,maka saya...”
“Tunggu sebentar,”saya menyela,tetapi ia tidak mau
berhenti beerbicara.
“Say kira bapak sudah mengusulkn agar saya dikeluarkan.”
Sampai disin paul mulai mengemukakan rasa malu yang akan
ditimbulkan oleh kejadian ini pada keluarganya,bagaimana kejadian
inimenghancurkan hidupnya,dan semua akibatnya yang lain.
Akhirnya saya berkata: “Tenang paul,saya akan menjelaskan
sesuatu.saya tidak pernah melihatmu menyontek.Waktu engkau masuk dan mengatakan
kepada saya,tidak terpikir sedikitpun bahwa itulah persoalan nya .sayang
sekali,paul,engkau berbuat begitu.”
Kemudian saya melanjutkan : “paul,katakan kepada saya apa
yang engkau peroleh dari pengalamanmua di universitas?”
Ia sedikit lebih tenang sekarang,dan sesudah diam
sejenak,ia berkata, “Pak,saya kira tujuan saya adalah belajar bagaimana
menjalani hidup,tetapi saya kira saya gagal.”
“Kita benlajar dengan cara-cara yang berlainan,” saya
berkata. “saya rasa engkau dapat belajar tentang keberhasilan yang sebenarnya
dari pengalaman ini.Waktu engkau menyontek tadi,suara hatimu sangat
mengganggumu.Ini membuatmu mengalami kompleks rasa bersalah yang pada
gilirannya merusak kepercayaa dirimu.Sebagaimana engkau katakan tadi,engkau
menjadi kalut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar